Thursday, September 21, 2017
Home > Artikel > 5 Hewan Laut Paling Berbisa

5 Hewan Laut Paling Berbisa

Tuhan ciptakan berbagai macam jenis mahluk hidup di bumi ini.  Pada intinya semua mahluk hidup itu diciptakan untuk kepentingan manusia.  Akan tetapi tidak semua mahluk hidup yang ada, bermanfaat besar.  Bahkan ada beberapa diantaranya yang justru dapat menimbulkan kematian, bisa dikarenakan “buas”nya, ataupun bisa juga “racun” yang dimiliki hewan tersebut.

1. Gurita Cincin Biru 

Gurita Cincin Biru

Panjang tubuhnya tak sampai 20 cm, gurita cincin biru memiliki racun berbahaya yang bisa membunuh 30 orang manusia dalam waktu beberapa menit. Mereka diakui sebagai makhluk paling beracun di dunia. Tubuh mereka memang kecil, tapi racun mereka 10.000 kali lebih kuat daripada sianida. Empedu dari gurita cincin biru dapat mengakibatkan kelumpuhan. 

2. Ubur-Ubur Kotak

Ubur Ubur Kotak

Dikenal sebagai tawon laut adalah makhluk laut yang sangat berbahaya yang mendiami wilayah timut laur Australia. Panjang tentakelnya di atas 60 cm. Seseorang  yang tersengat ubur-ubur ini dalam waktu tiga menit pernapasannya akan langsung terhenti.

3. Ular Laut

Ular Laut

Kadar racun dari ular laut cukup untuk membuat King Cobra tampak seperti cacing tanah yang tak berbahaya. Beberapa miligram racunnya dapat membunuh hingga seribu manusia! Ular laut banyak ditemukan di perairan Asia Tenggara dan Australia bagian Utara.

4. Ikan Batu 

Ikan Batu

Banyak ditemukan di perairan dangkal di daerah tropis, ikan ini mempunyai rupa yang tidak menarik dengan kulit yang seperti batu. Meski begitu, racunnya dapat menyebabkan shock, kelumpuhan, jaringan tubuh yang mati, dan kematian jika tidak diobati.

5. Ikan Buntal

Ikan Buntal

Tubuhnya mengandung racun yang cukup untuk membunuh 30 orang tanpa ada obat penawarnya. Racunnya disebut tetrodotoxin (TTX) dan disebut-sebut lebih kuat daripada Sianida. Hasilnya, seseorang yang terkena racun ikan buntal akan kesulitan bernapas hingga meninggal

 

Admin piwan
Hi, semuanya. Saya hanyalah seorang guru biasa yang coba membantu sekolah untuk menampilkan informasi, pengetahuan, dan kegiatan-kegiatan yang memang perlu untuk dipublikasikan. Menyukai bidang internet, grafis, video editing, teknologi, serta teknologi pendidikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *