Info Sekolah
Thursday, 18 Jul 2024
  • Selamat Datang di laman resmi SMP Negeri 1 Kota Serang

Kurikulum Merdeka: Terobosan Pendidikan untuk Pemulihan Pembelajaran dan Profil Lulusan Berkualitas

Thursday, 14 September 2023 Oleh : admin

Pengembangan kurikulum merupakan suatu kebutuhan yang harus disesuaikan dengan perkembangan zaman. Kurikulum adalah elemen yang sangat vital dalam proses pendidikan.

Pengembangan kurikulum bertujuan untuk menciptakan lulusan berkualitas dengan mencapai hasil belajar yang baik melalui proses pendidikan yang terpadu.

Kebijakan penerapan Kurikulum Merdeka diimplementasikan secara bertahap di semua tingkat pendidikan sebagai usaha untuk memberikan pendidikan yang lebih baik kepada siswa.

Seiring dengan Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 56/M/2022 tentang Panduan Penerapan Kurikulum dalam Konteks Pemulihan Pembelajaran, penting untuk menetapkan satuan pendidikan yang melaksanakan Kurikulum Merdeka melalui jalur independen.

Kurikulum Merdeka merupakan terobosan yang signifikan untuk mengubah cara kita melihat proses dan hasil pembelajaran.

Beberapa karakteristik utama dari Kurikulum Merdeka yang mendukung pemulihan pembelajaran meliputi:

  • Pembelajaran berbasis proyek untuk mengembangkan soft skills dan karakter siswa sesuai dengan profil pelajar Pancasila.
  • Pemfokusan pada materi inti untuk memberikan waktu yang memadai bagi pembelajaran mendalam dalam kompetensi dasar seperti literasi dan numerasi.
  • Fleksibilitas bagi guru untuk menyelenggarakan pembelajaran yang disesuaikan dengan kemampuan siswa dan menyesuaikan dengan konteks dan materi lokal.

Profil dari siswa yang menginternalisasi nilai-nilai Pancasila telah menyaksikan penyesuaian dalam rancangan pembelajaran yang memperhatikan karakteristik dan kebutuhan individual mereka.

Profil Pelajar Pancasila mencakup berbagai aspek, termasuk keyakinan pada Tuhan Yang Maha Esa, sikap bertakwa, dan perilaku yang mencerminkan moral yang tinggi. Selain itu, mereka juga dikenal karena memiliki pemahaman yang luas tentang keragaman global, semangat gotong royong, kemampuan mandiri, kemampuan berpikir kritis, serta kreativitas yang mengagumkan.

Tulisan Lainnya