Saturday, February 24, 2018
Home > Berita > Gerakan Tebar Beras dan Buku Tulis

Gerakan Tebar Beras dan Buku Tulis

SMPN 1 Kota Serang tak mau menyia-nyiakan kesempatan di bulan Muharam dengan berbuat kebajikan. Masih dalam suasana tahun baru Islam, mereka memberi santunan untuk anak yatim dalam peringatan 1 Muharam 1439 H.

Halaman masjid SMPN 1 Kota Serang pagi itu berbeda dari biasanya. Sekitar pukul 07.00, para siswa sudah berkumpul di lapangan. Mereka duduk di atas tikar yang mereka bawa dari rumah menunggu acara dimulai. Berbeda dengan tahun sebelumnya, peringatan Muharam 1439 tahun ini diisi dengan penampilan finalis lomba literasi antar kelas (sebanyak 6 siswa). Selanjutnya, para siswa Rohis unjuk gigi dengan membawakan lagu islami yang dibingkai dalam penampilan marawis khas siswa.

Lantunan ayat suci Al-Quran yang dibacakan seorang siswi untuk mengawali pembukaan acara. Disusul kemudian sambutan Wakil Kepala Sekolah Moch. A’i, M.Pd. Beliau berpesan memasuki tahun baru Islam ini, agar anak didiknya meningkatkan belajar di tahun mendatang agar lebih baik lagi.

“Di dalam tahun baru hijriah ini selayaknya kita sebagai Muslim yang taat, mengintrospeksi diri, dengan semua apa-apa yang telah kita perbuat. Dan memilih semua bentuk perbuatan atau ibadah yang baik untuk tetap kita pertahankan dan kita tingkatkan porsi perbuatan atau ibadah yang baik untuk kita kerjakan. Dan meninggalakan semua perbuatan yang tidak bermanfaat, baik untuk diri kita ataupun orang sekitar kita,” paparnya.

Ketua Panitia Tati Maryati, M.Pd menjelaskan acara tersebut bertujuan merayakan Muharam sekaligus mengajak para siswa agar lebih perduli terhadap sesamanya yang kekurangan.
“Ini kan masih suasana tahun baru Islam, bulannya anak yatim makanya kita adakan acara santunan bagi para siswa yatim piatu yang ada di sekolah ini,” paparnya.

Cecep Nikmatullah, M.Pd.I guru Agama SMPN 1 Kota Serang menjelaskan acara santunan juga merupakan wujud implementasi visi dan misi sekolah. “Salah satu visi kami yaitu selalu ingin mendidik para siswa yang memiliki iman dan takwa, ini salah satunya dengan mengajak para siswa memberikan santunan,” terangnya.

Santunan tersebut berupa beras dan buku tulis yang dihimpun dari donasi para guru, staf TU, karyawan, pedagang kantin serta siswa SMPN 1 Kota Serang yang secara sukarela disumbangkan bagi para anak yatim piatu dan dhuafa tersebut. “Walaupun nilainya tidak seberapa, tapi kami harap bantuan ini bermanfaat bagi mereka,” terang Amirudin, S.Pd.I sembari menuturkan agar seluruh siswa meningkatkan rasa kepedulian terhadap sesama.

Acara yang sangat sederhana ini berjalan dengan khidmat, seluruh siswa pun mendapatkan siraman rohani dari ustad Munawar, M.Pd.I. Kepada seluruh siswa, ustad mengajak untuk selalu meningkatkan amal ibadahnya kepada Allah. ” Di tahun baru ini, kita senantiasa berusaha menjadi hamba Allah SWT yang taat akan perintahnya dengan menjalankan semua kewajiban dan menjauhi segala larangannya. Jangan lupa ikuti semua perintah guru kalian, agar kalian kelak menjadi manusia yang berguna untuk diri sendiri, keluarga, masyarakat, bangsa dan agama,” pungkasnya.

Dalam kegiatan mengumpulkan beras dan buku tulis, minimal perorang membawa 1 liter beras dan satu buku tulis. Jika dihitung dengan jumlah siswa SMPN 1 Kota Serang sebanyak 1.169 maka akan terkumpul 1 ton lebih, itu dari siswa, belum dari Guru, Staf TU, Karyawan, dan pedagang kantin. “Ucapan terima kasih pada seluruh pihak yang telah mendukung acara ini hingga sukses, buat seluruh donasi para guru, staf TU, karyawan, pedagang kantin serta siswa sekolah kita yang tetap semangat mendukung setiap kegiatan di SMPN 1 Kota Serang” ujar H.M Syukur, S.Pd., M.Si dalam telepon genggamnya penuh semangat, karena saat ini beliau sedang study banding di Beijing China.

Alhamdulillah dari sumbangan beras dan buku tulis telah terkumpul sekitar 1,5 ton beras dan 2.000 buku tulis yang akan didistribusikan ke panti asuhan yatim piatu dan dhuafa di Kota Serang. (cn)

Admin piwan
Hi, semuanya. Saya hanyalah seorang guru biasa yang coba membantu sekolah untuk menampilkan informasi, pengetahuan, dan kegiatan-kegiatan yang memang perlu untuk dipublikasikan. Menyukai bidang internet, grafis, video editing, teknologi, serta teknologi pendidikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *