Thursday, September 21, 2017
Home > Artikel > Gesits Motor Listrik Asli Indonesia

Gesits Motor Listrik Asli Indonesia

Pertarungan industri otomotif saat ini semakin seru saja dan mengakibatkan sebagian besar pabrikan otomotif untuk terus bersaing seiring dengan perkembangan teknologi yang demikia pesatnya. Saat ini juga nampak persaingan tersebut dengan munculnya produk motor matic dengan berbagai macam merk.

Nah, salah satu dampak persaingan tersebut telah menghadirkan motor baru yang berbeda yakni sepeda motor listrik yang tentu saja tidak menggunakan bahan bakar seperti biasanya, akan tetapi murni menggunakan listrik yang dipake di rumah kita. Pabrikan yang telah mengeluarkan produk tersebut misalnya Piaggio, Vespa dan Terra e-Bike dengan berbagai macam seri pilihan.

Menristekdikti mencoba si GESITS (Menristekdikti) Moh Nasir

Rupanya Indonesia juga tidak mau ketinggalan, yakni dengan hadirnya motor listrik produksi nasional bernama “Gesits”. Motor ini murni produksi anak bangsa Indonesia dari ITS (Institut Teknologi Sepuluh November). Motor ini berhasil dibuat atas kerja keras para mahasiswa dari institut tersebut. Sudah sepatunya dan selayaknya kita dukung hasil kerja keras para mahasiswa ini dan sepantasnya masyarakat tanah air Indonesia haru dan bangga juga menyaksikan usaha mereka yang keras agar kita tidak terjajah lagi dengan teknologi otomotif Jepang. Gesits berarti lincah, cepat tanggap. Sebenarnya nama ini merupakan hasil singkatan dari “Garansindo Electric Scooter ITS”

Pada Mei 2016 lalu Motor listrik Gesits ini diperkenalkan dengan membawa teknologi yang cukup mempuni melalui kesepakatan dengan Garansindo. Disamping itu, motor listrik lokal ini menawarkan desain yang begitu menawan dan pastinya cukup menarik untuk bisa dimiliki masyarakat Indonesia meskipun harga motor listrik Gesits ini terbilang cukup mahal (antara 15-20 juta). Akan tetapi hal ini sebanding dengan harga yang ditawarkan tetap bisa menjanjikan sebuah kepuasan bagi pengendaranya dan pastinya pengalaman baru bagi penggunannya.

Motor listrik Gesits ini memang belum dipasarkan pada saat ini, rencanya Gesits baru akan diproduksi massal pada 2017 tahun dan besar kemungkinannya bisa dinikmati masyarakat tanah air diawal tahun 2018 mendatang. Jadi bagi yang ingin menikmatinya, diharap bisa bersabar menunggu 1 tahun lagi.

Oh iya, untuk urusan baterainya, mesti di cas dulu hingga 3 jam. Hal ini tidak masalah, soalnya nantinya di setiap SPBU yang ditunjuk dan juga minimarket, kita bisa menukar baterai kosong habis pakai dengan yang sudah ada di tempat tersebut, tentunya dengan kondisi baterai yang penuh. Meskipun kita bisa tetap mengisi ulang di rumah kita masing-masing.

Tiba di Bali

Motor listrik nasional Garansindo Elektrik Scooter ITS (Gesits) akhirnya tiba juga di Bali. Motor bertenaga listrik itu sampai di Bali setelah menempuh kurang lebih 1.500 km dari Jakarta sebagai hasil dari uji coba berkendara motor listrik ini.

3 Unit Gesits tiba di Gedung DPRD Provinsi Bali pada pukul 09.20 WITA, Sabtu (12/11/2016). Para pengendara langsung disambut Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Moh Nasir dan Gubernur Bali I Made Mangku Pastika dan jajaran pimpinan DPRD Bali.

Dalam perjalanan selama kurang lebih 5 hari, Gesits hanya mengalami kendala saat menuju Cirebon dari Jakarta. Tanjakan, hujan dan medan selama perjalanan tidak menjadi kendala berarti.

Kita mesti bangga dan berharap agar produksi motor listrik “Gesits” ini mampu diwujudkan dan menjadi salah satu motor nasional yang nantinya akan dipake oleh seluruh bangsa Indonesia, sehingga kita tidak terjajah lagi dengan motor-motor produksi luar negeri, seperti Jepang.(mp)

Admin piwan
Hi, semuanya. Saya hanyalah seorang guru biasa yang coba membantu sekolah untuk menampilkan informasi, pengetahuan, dan kegiatan-kegiatan yang memang perlu untuk dipublikasikan. Menyukai bidang internet, grafis, video editing, teknologi, serta teknologi pendidikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *