Friday, August 17, 2018
Beranda > Berita > Kampanye Imunisasi MR

Kampanye Imunisasi MR

Kampanye Imunisasi Measles – Rubella (MR) merupakan suatu kegiatan imunisasi secara massal sebagai upaya untuk memutuskan transmisi penularan virus campak dan rubella pada anak usia 9 bulan sampai dengan dibawah usia 15 tahun.

Campak dan Rubella adalah penyakit infeksi menular melalui saluran napas yang disebabkan oleh virus Campak dan Rubella. Campak dan Rubella merupakan penyakit yang sangat menular. Anak-anak dan orang dewasa yang belum pernah diimunisasi Campak dan Rubella, atau yang belum pernah mengalami penyakit Campak dan Rubella memiliki risiko tinggi ter tular penyakit ini.

Kegiatan ini diadakan oleh Pemerintah Indonesia cq.Kementrian Kesehatan, melalui Dinas Kesehatan setempat. SMP Negeri 1 Kota Serang juga menjadi sasaran kegiatan tersebut. Pelaksanaannya dimulai dengan membagikan surat edaran kepada wali murid berisi pernyataan persetujuan/per tidak persetujuan, sehingga wali murid dilibatkan untuk menentukan apakah anaknya akan di imun disekolah atau tidak. Surat edaran tersebut dibagikan satu (1) minggu sebelum kegiatan.

Selanjutnya setelah siswa mengembalikan surat pernyataan tersebut, maka pada hari Rabu 16 Agustus 2017 tim kesehatan dari Dinas Kesehatan Kota Serang mendatangi sekolah untuk melaksanakannya. Penyuntikan dibagi menjadi tiga (3) titik, yakni; untuk kelas 7, kelas 8, kelas 9. Masing-masing titik penyuntikan di dampingi oleh guru serta dibantu PMR sekolah yang kemudian menandai siswa yang sudah tersuntuk dengan marker di bagian kuku siswa.

Kegiatan ini berakhir hingga pukul 12.00 WIB. Di harapkan pada tahun-tahun mendatang bahaya dari serangan Campak dan Rubella tidak akan terjadi di Indonesia. (mp)

 

Admin piwan
Hi, semuanya. Saya hanyalah seorang guru biasa yang coba membantu sekolah untuk menampilkan informasi, pengetahuan, dan kegiatan-kegiatan yang memang perlu untuk dipublikasikan. Menyukai bidang internet, grafis, video editing, teknologi, serta teknologi pendidikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *