Saturday, July 20, 2019
Beranda > Berita > Mading > Kotak Penangkap Air

Kotak Penangkap Air

Molekul Serbuk Penangkap Air

Ketika manusia memutuskan untuk tinggal di daerah yang kurang air tentu mereka memiliki resiko kehidupan yang lebih tinggi dengan keterbatasan air yang akan dipakai dalam kehidupan sehari-hari mereka. Kesulitan mendapatkan air berpengaruh juga pada aktifitas keseharian mereka seperti mencuci, mandi, memasak dsb. Pepatah mengatakan air itu sumber kehidupan.

Akan tetapi permasalahan ini nampaknya bisa diatasi dengan penemuan sebuah alat baru yang bernama kotak penagkap air. Alat ini telah dikembangkan oleh para peniliti di Amerika Kamis, 13 April 2017 diterbitkan dalam jurnal science. Mereka berhasil membuat sebuah kotak yang bisa manangkap air dari lingkungan sekeliling dengan tingkat kelembaban air yang rendah menjadi beberapa liter air dalam setiap 12 (dua belas) jamnya.

Sun Power

Evelyn Wang, sang insinyur dari Massachusetts Institute of Technology (MIT) mengatakan bahwa Kotak tersebut dapat mengambil air berasal dari kelembaban udara dan menangkapnya untuk kemudian berubah menjadi air murni.

Penemuan teknologi ini tentu saja bermanfaat besar bagi manusia yang tinggal di daerah-daerah kering dengan infrastruktur yang terbatas, demikian disampaikan oleh Wang sebagai penulis makalah tersebut.

Sistem bekerjanya menggunakan bahan seperti tepung pasir sebagai media untuk menangkap udara dalam lubang pori-pori kecil saat malam hari. Saat kotak tersebut terkana panas matahari atau sumber panas lain, molekul air dalam udara yang sudah tertangkap dalam kotak akan mengalami kondensasi dan berubah menjadi air. Dengan sistem ini, diyakini bisa menghasilkan segelas air dalam setiap jamnya untuk tingkat kelembaban udara antara 20-30 persen.

Sistem berkarja mesin penangkap air

Penemuan sistem ini memungkinkan bisa diterapkan juga untuk pengairan daerah pertanian yang luas, bukan sekedar untuk air minum atau kebutuhan rumah tangga saja. Demikian disampaikan oleh Yaghi, Prof. kimia dari Universitas California.

Lebih lanjut Wang berharap alat ini dapat diproduksi dalam jumlah besar sehingga menjadi massal dan bernilai jual terjangkau oleh seluruh penduduk dunia. (MP)

Watch the video here:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *