Friday, September 21, 2018
Beranda > Berita > Lomba Padus & Poster Antar Kelas

Lomba Padus & Poster Antar Kelas

Karakter cinta bangsa dan nasionalisme perlu ditumbuh kembangkan pada jiwa setiap anak didik.  Dengan memiliki karakter ini, maka diharapkan para siswa akan kuat kepribadiannya untuk lebih mencintai Negara Kesatuan Republik Indonesia.  Kesempatan untuk meningkatkan karakter ini bisa dilakukan dengan berbagai macam kegiatan.  Salah satunya adalah menghapal, memahami dan menyatakan ujaran-ujaran kecintaan pada tanah air dengan menyanyikan lagu wajib nasional.

Oleh karena itulah, SMP Negeri 1 Kota Serang menyelenggarakan kegiatan lomba paduan suara antar kelas.   Seluruh kelas, baik kelas 7, 8, dan 9 diwajibkan mengikuti kegiatan lomba ini dengan jumlah peserta seluruh siswa kelas tersebut.  Mereka diberi kesempatan untuk berlatih selama 3 (tiga) hari dalam hal kekompakan, harmonisasi, penentuan pilihan lagu dan juga keselarasan nada dan gerak saat tampil.  Lalu, semangat untuk tampil yang terbaik dan bersaing muncul dari setiap kelasnya.  Bahkan tidak sedikit dari mereka menyewa pelatih untuk secara khusus membimbing mereka dalam lomba tersebut, atas inisiatif mereka sendiri.

Disamping lomba padus, para siswa juga diberi kesempatan untuk mengembangkan bakat mereka dalam membuat sajian poster.  Lomba poster ini bertema “Literasi” dikerjakan secara kelompok dengan masing-masing kelas mengirimkan perwakilannya 2 (dua) orang siswa.  Lomba ini juga terlihat seru, karena mereka menggambar secara langsung mulai dari kertas kanvas kosong, draft pensil, hingga pewarnaannya. 

Untuk penilaian, sekolah mendatangkan 2 (dua) tim juri dari luar sekolah, dan 1 (satu) juri dari guru.  Acara ini berlangsung meriah dan seru sekali.  Masing-masing kelas berusaha tampil sebaik mungkin dengan berbagai macam aksesoris tampilan.  Kegiatan ini diadakan pada tanggal 16 Agustus 2018 dan dibuka secara langsung oleh Bapak Kepala Sekolah, H.Moh.Syukur, S.Pd, M.Pd. Dalam sambutan singkatnya, beliau menekankan perlunya pembinaan karakter cinta bangsa dan nasionalisme dikembangkan di sekolah.  Beliau juga berharap agar kegiatan sejenis ini akan terus diselenggarakan dengan tema dan aktfitas kegiatan yang beragam.

Adapun lagu yang dibawakan oleh peserta, bukan hanya lagu wajib nasional, akan tetapi juga lagu daerah dari beberapa daerah di Indonesia sebagai lagu pilihannya.  Dengan membawakan lagu-lagu daerah, para siswa diharapkan akan lebih peduli dan bangga dengan budaya lokal dari seluruh nusantara ditengah gencarnya serangan budaya asing yang masuk ke Indonesia. (MP)

Video Lomba:

Admin piwan
Hi, semuanya. Saya hanyalah seorang guru biasa yang coba membantu sekolah untuk menampilkan informasi, pengetahuan, dan kegiatan-kegiatan yang memang perlu untuk dipublikasikan. Menyukai bidang internet, grafis, video editing, teknologi, serta teknologi pendidikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *