Thursday, November 15, 2018
Beranda > Artikel > Penemu Baterai “Alessandro Volta”

Penemu Baterai “Alessandro Volta”

Namanya Alessandro Volta, lahir 18 Februari 1745 berasal dari keluarga yang berada atau mampu secara ekonomi. Ayahnya seorang bangsawan yang disegani di Como, Lambardia, Italia, sebuah kota tempat kelahiran Volta. Lingkungan keluarganya mendukung sekali dengan ilmu pengetahuan, maka tak aneh Volta menjadi seorang yang sangat cinta dengan ilmu pengetahuan. Lebih jauh lagi, beliau juga terkenal sebagai seorang ahli Fisika, ahli Kimia, Guru dan Pengarang.

Saat masih usia kecil sekolah, Volta bukanlah siswa yang menonjol dalam pelajaran. Bahkan Volta termasuk anak yang memiliki masalah keterlambatan bicara hingga berusia 4 tahun. Idealnya, anak dengan usia 2 tahun sudah pandai bicara.

Ayahnya meninggal dunia saat Volta berusia 7 tahun. Mungkin inilah yang menjadikan motivasi Volta dalam belajar, sehingga saat usia 7 tahun terlihat kemajuan pesatnya dalam pelajaran di sekolah dan Volta juga mulai tertarik dengan ilmu Fisika.

Menginjak usia 14 tahun, Volta makin memantapkan kiprahnya di ilmu Fisika, utamanya hal-hal yang berkaitan dengan kelistrikan.

Usia 29 tahun, Volta mengajukan diri sebagai guru Fisika di SMA di kota Como hingga dia menjadi kepala sekolah di SMA tersebut.

Gelar profesor Fisika diraihnya pada tahun 1774 di sekolah Royal, Como. Setelah itu, tahun 1775, Volta memperbaiki dan mempopulerkan sebuah alat yang dapat menghasilkan muatan listrik statis, yakni Electrophorus. Tahun 1776-1777, Volta juga belajar kimia gas. Hasilnya, dia menemukan gas Metana dengan cara mengumpulkan gas tersebut dari rawa-rawa.

Saat berusia 32 tahun, 1777 dia dianugerahi gelar profesor Fisika dari Universitas Pavia. Tahun 1779, Volta menjadi profesor Fisika ekperimental dari Universitas Pavia. Jabatan ini didudukinya hampir selama 25 tahun.

Tahun 1794, Volta mempersunting Teresa Peregrini dan mereka mengangkat tiga anak, yakni; Giovanni, Zanino, Flaminio.

Meski disibukkan dengan mengajar, Volta terus melakukan percobaan dan akhirnya dia menemukan untuk pertama kalinya sebuah alat bernama Electrophorus, yakni sebuah perangkat yang dapat menghasilkan listrik statis. Hasil penemuan pertamanya ini ditemukannya saat usia 29 tahun.

Delapan tahun melakukan percobaaan tiada henti, Volta berhasil menyimpulkan bahwa listrik itu dihasilkan dari logam bukan daging ataupun kaki katak yang mati seperti diklaim oleh Galvani. Kesimpulan ini juga mematahkan teori Luigi Galvani yang menyatakan bahwa kaki katak yang mati mengandung listrik.

Volta berhasil membuat baterai Volta (Volta Pile) pada tahun 1800. Baterai ini dibuat dari seng dan tembaga yang dicelupkan kedalam air garam yang kemudian saling dihubungkan tanpa bersinggungan satu sama lainnya.

Pada akhirnya, ilmuwan melakukan perbaikan dan penyempurnaan Volta. Hasil penyempurnaan baterai Volta inilah yang kemudian membuktikan bahwa teori Volta lah yang paling benar dan terbantahkannya teori Galvani. Atas jasa beliau inilah, beliau diakui sebagai penemu baterai pertama di dunia dan namanya dijadikan sebagai satuan tegangan listrik. Hingga sampai saat ini kita mengenal satuan tersebut sebagai “Volt” atau “Voltase”.

Disamping baterai, Volta juga menghasilkan beberapa penemuan lainnya; seperti Kondensator, Kapasitor, Eudimeter, Pistol Listrik, gas Metana, dan Lampu Udara.

Beberapa penghargaan atas penemuan Volta, dia juga dianugerah gelar “Count” dan medali emas oleh kaisar Perancis saat itu setelah dia berhasil mendemostrasikan penemuannya itu di hadapan The Academy of Sciences di Perancis. Bahkan, gambar wajah Volta juga diabadikan di mata uang kertas Italia, Lire, berikut dengan gambar hasil penemuannya “Volta Pile” pada mata uang kertas 10.000. (mp).

Tonton Videonya

Admin piwan
Hi, semuanya. Saya hanyalah seorang guru biasa yang coba membantu sekolah untuk menampilkan informasi, pengetahuan, dan kegiatan-kegiatan yang memang perlu untuk dipublikasikan. Menyukai bidang internet, grafis, video editing, teknologi, serta teknologi pendidikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *