Monday, December 17, 2018
Beranda > Berita > Mading > Penemu Baterai Lithium dari Indonesia

Penemu Baterai Lithium dari Indonesia

Elemen utama dalam sebuah mesin apapun adalah sumber energi yang biasa disebut “Baterai“. Baterai menjadi hal yang paling penting pada sebuah alat dengan catu daya listrik. Tanpa baterai maka mustahil alat tersebut dapat aktif.

Keberadaan baterai menjadi sangat penting dalam kehidupan manusia saat ini, misalnya saja di dalam telepon genggam baik “smart phone” ataupun “feature phone” atau hp jadul. Bahkan sampai pentingnya, bukan pemandangan yang asing lagi jika kita melihat orang-orang membawa cadangan baterai kemanapun pergi atau yang biasa di sebut “Power Bank“.

Perkembangan teknologi selanjutnya dengan baterai adalah kendaraan listrik dengan baterai sebagai sumber energinya. Saat ini banyak pihak yang berlomba-lomba ambil bagian dalam mewujudkan teknologi kendaraan listrik.

Nah, di Indonesia juga ikutan mengembangkan teknologi transportasi dengan baterai, yakni mobil listrik produksi dalam negeri. Tentu saja komponen penting penggerak kendaraan ini adalah baterai.

Dr.Ir.Bambang Prihandoko, salah satu ahli baterai lithium dan peneliti senior bidang Fisika di LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia) memperkenalkan baterai lithium buatan Indonesia sebagai buah hasil penelitian beliau.  Hasil penelitian inipun telah dipatenkan di Direktorat Hak Atas Kekayaan Intelektual Depkeh dan HAM bernomor ID 00195521

Meskipun demikian, jenis baterai ini menggunakan komposisi yang berbeda dengan baterai lithium yang sudah banyak dipakai saat ini.

Jenisnya ini berbeda, kalu baterai (buatan) luar negeri kan modelnya baterai lithium NMC -Nikel Mangan Kobalt Oksida dan lithium NCA -Nikel Kobalt Alumunium Oksida. Nah, kami modelnya mau pakai lithium metal fosfat. Itu bahan katodanya lithium metal fosfat, dan bahan anodanya lithium titanate” penjelasan pak Bambang.

Dengan menggunakan bahan tersebut, diharapkan dapat mempercepat proses isi ulang daya baterai.

Karena anodanya pakai lithium titanate, kecepatan pengisian dayanya jadi lebih cepat, sekarang bisa sampai 20 kali lebih cepat dari yang normal. Baterai seperti inilah yang cocok untuk kendaraan listrik dan kita kembangkan.” Jelas pak Bambang.

Baterai buatan LIPI ini menurut rencana akan dipasangkan pada sepeda motor listrik. Baterai ini berjenis lithium metal fosfat. Menurut pak Bambang, bahan pembuat baterai ini tersedia di dalam negeri.

Salah satu bahan dasarnya adalah mangan dan juga fosfat. Di Indonesia bahan dasar mangan dengan kualitas baik ada di daerah Nusa Tenggara Timur (NTT) dan bahan dasar fosfat bisa diambil dari produk Petrokimia Gresik.

Mau tau lebih banyak tentang Bapak Bambang.  Silahkan klik tautan berikut ini:  http://lipi.go.id/berita/single/Bambang-Prihandoko-Peneliti-Baterai-Khusus-Ponsel/1564

Admin piwan
Hi, semuanya. Saya hanyalah seorang guru biasa yang coba membantu sekolah untuk menampilkan informasi, pengetahuan, dan kegiatan-kegiatan yang memang perlu untuk dipublikasikan. Menyukai bidang internet, grafis, video editing, teknologi, serta teknologi pendidikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *