Saturday, November 18, 2017
Home > Featured > Pengembangan Karakter Siswa

Pengembangan Karakter Siswa

Komitmen bersama sekolah saat ini benar-benar di uji dengan dipilihnya Piwan sebagai salah satu sekolah rujukan untuk pengembangan karakter siswa.  Titik fokus pengembangan karakter di Piwan ditekankan pada bidang agama, adab dan sopan santun (5S), kebersihan lingkungan dan budaya baca.

Memang tidaklah mudah melatih siswa-siswi serta seluruh warga sekolah untuk berubah karakternya.  Akan tetapi keseriusan dalam melaksanakan komitmen ini pada akhirnya membuahkan hasil juga.  Pada bidang keagamaan, siswa-siswi dibiasakan untuk melaksanakan sholat Dhuha dan Dzuhur berjamaah, tadarus Qur’an setiap pagi harinya, dan literasi atau budaya baca.

Wajib membaca buku bacaan di awal Pembelajarn (Literasi)

Sementara itu untuk bidang adab dan sopan santun, siswa-siswi diberikan kesempatan untuk bersalaman dengan seluruh guru yang hadir di pintu gerbang sekolah pada setiap pagi hari.  Bidang kebersihan lingkungan, siswa-siswi dilarang untuk membawa kemasan plastik makanan dan minuman masuk kedalam area lingkungan bersih sekolah. Budaya baca dikembangkan dengan cara seluruh siswa-siswi, guru, staf dan seluruh warga sekolah untuk melakukan “Silent Morning”, membaca bahan bacaan apapun pilihan masing-masing diawal waktu sebelum pembelajaran berlangsung.

Harapannya adalah tetap mempertahankan apa yang sudah dicapai serta berusaha sedikit-demi sedikit untuk menambah pengembangan karakter yang lain agar terwujud siswa-siswi yang benar-benar memiliki karakter mulia. (mp)

Admin piwan
Hi, semuanya. Saya hanyalah seorang guru biasa yang coba membantu sekolah untuk menampilkan informasi, pengetahuan, dan kegiatan-kegiatan yang memang perlu untuk dipublikasikan. Menyukai bidang internet, grafis, video editing, teknologi, serta teknologi pendidikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *