Thursday, September 21, 2017
Home > Artikel > Tool Anti Ransomware Gratis Terbaik 2017

Tool Anti Ransomware Gratis Terbaik 2017

Serangan ransomware telah membuat banyak negara menderita dan terkapar. Malware ini menginfeksi jaringan komputer dan akibat yang ditimbulkannya sungguh buruk dengan terkompressnya semua data yang ada di hard disk yang selanjutnya tidak bisa dibuka karena terpassword dan harus membayar kepada sipembuatnya.

Dunia pun tidak berhenti menyerah begitu saja. Apalagi tuntutan untuk membayar. Nah kali ini saya tampilkan beberapa tool best free alias gratis untuk melindungi komputer kita dari serangan malware tersebut dan bahkan untuk kompi yang sudah terkena masih bisa di sembuhkan (Belum dicoba) karena Alhamdulillah, PC dan laptop saya aman saja.

Oh.. iya ada dua jenis ransomware: Jenis yang menginkripsi files anda (dan terkadang mengancam untuk menghapusnya sama sekali) dan satu jenis lagi yang mengunci total kompi anda bahkan untuk menuju desktop sekalipun. Rasanya kita perlu berterima kasih telah muncul beberapa tool gratis untuk melawan itu.

Hal terbaik untuk mengatasi serangan ini tentunya tetap tenang “Stay Calm” dan mencari alternatif pemecahan. Banyak sekarang ini perusahaan yang bergerak dalam bidang keamanan PC telah menyediakan tool yang (katanya) akan melepaskan PC anda dari serangan ransomware serta anda tidak perlu membayar untuk hal itu.

Oke.. diantara tool anti-ransomware gratis tersebut adalah hasil analisa dari techradar.com seperti dibawah ini:

1. Avast Free Ransomware Decryption Tools

Avast Free Ransomware Decryption Tools

Pada saat tulisan ini dibuat, para ahli keamanan Avast telah mengembangkan tool gratis untuk menghilangkan Ransomware dengan nama ” Free Ransomware Decryption Tools” untuk menangani 16 jenis file yang terkunci akibat serangan ransomware.

Untuk menolong anda menentukan mana yang dibutuhkan, Avast juga telah menyediakan deskripsi lengkapnya tentang bagaimana masing-masing jenis ransomware bekerja, extensi file apa yang akan anda lihat pada file-file yang ter-enkripsi, serta contoh jenis jenis pesan dari simpembuat virus.

Saat anda sudah mendownload tool yang sesuai, anti ini akan membimbing anda untuk melalui beberapa proses menghabisi ransomware tanpa harus membayar si penjahatnya. Anda akan memerlukan dua macam tool dengan satu file yang sama yakni yang Ter-enkripsi dan yang Aslinya. Hal ini akan menjadi mudah jika anda sudah membuat back-upnya sebelum terkena infeksi, tetapi Avast juga menyarankan lokasi dimana anda mungkin dapat menemukan file aslinya sebelum terinfeksi. Alat decription kemudian akan membandingkan dua file tersebut dan menggunkan hasilnya untuk mementukan passwordnya.

Download di sini:  Avast Free Ransomware Decryption Tools

Video Tutorialnya:

 

2. Trend Micro Ransomware File Decryptor Tool

Trend Micro Ransomware File Decyptor Tool

Tidak seperti Avast, Trend Micro melengkapi semua descripsi tool nya menjadi sebuah bundel meskipun anda masih harus menyampaikan jenis ransomware apa yang menyerang.  Website Trind Micro memberikan informasi untuk membantu anda mengidentifikasi infeksi khusus yang menyerang, plus rincian kontak teknisi jika anda tidak begitu yakin.

Video tutorialnya:

 

3. Trend Micro Screen Unlocker Tools

Trend Micro Screen Unlocker Tools
Satu lagi alat yang digunakan apabila PC anda terkunci desktopnya baik untuk Safe Mode ataupun tampilan Desktop normal. Ada dua jenis tool ini.  Pertama apabila PC anda masih bisa login dalam posisi Safe Mode With Networking.  Sekali terinstall, tool unlocker ini akan melakukan proses scanning dan kemudan akan membuang semua ransomware yang terdeteksi, membebaskan PC anda dari ransomware
Seperti halnya Trend Micro File Decryptor, dua versi alat ini memberikan update secara reguler untuk melawan jenis ransomware terbaru.

 

4. BitDefender Anti-Ransomware

BitDefender Anti-Ransomware
Ada banyak antivirus gratis yang hebat di sekitar kita sebenarnya, tetapi tidak semuanya menawarkan perlindungan ampuh melawan ransomware.  Jika anda peduli dengan keamanan seperti ini, Bitdefender Anti-Ransomware merupakan sebuah tool keamanan yang handal berjalan bersama software keamanan anda untuk melindungi dan melawan sebagian besar bentuk ransomware dan serangannya.
Bitdefender Anti-Ransomware saat ini melindungi dari serangan VTB-Locker, Locky, Petya and TeslaCrypt, dan mulai melindungi PC anda dari serangan dan ancaman tersebut secara tiba-tiba.  Bagaimanapun hal ini hanyalah tindakan pencegahan,  Andai PC anda sudah terinfeksi dengan salah satu model program virus tersebut, maka anda perlu menggunkan alat-alat yang telah disediakan diatas.
Download disini:  Bitdefender Anti-Ransomware
Video tutorialnya:

5. Kaspersky Anti-Ransomware Tool

 

Kapersky Anti-Ransomware Tool
Ransomware yang meninfeksi PC anda sudah buruk, akan tetapi infeksi yang membuat bisnis anda terkunci sama sekali merupakan sebuah bencana besar.  Account anda, Data pelanggan, informasi klien dan partner kerja anda bisa terkunci dan dapat berdampak pada semua mesin PC yang terhubung dalam satu jaringan.
Kapersky Anti-Ransomware Tool for Business memang dirancang untuk itu, yakni membatu bisnis kecil dan bisnis menengah untuk melindungi data mereka dari serangan terjadi seperti diatas.  Alat ini juga didesain  untuk mencegah infeksi di awal waktu ketimbang membuka file yang sudah terenkripsi atau desktop pc anda yang sudah terkunci.  Jadi sifatnya pencegahan.
Video tutorialnya:

Demikian semoga bermanfaat
Admin piwan
Hi, semuanya. Saya hanyalah seorang guru biasa yang coba membantu sekolah untuk menampilkan informasi, pengetahuan, dan kegiatan-kegiatan yang memang perlu untuk dipublikasikan. Menyukai bidang internet, grafis, video editing, teknologi, serta teknologi pendidikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *