Monday, December 17, 2018
Beranda > Berita > UNBK 2018

UNBK 2018

Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tahun ajaran 2017/2018 sudah dilaksanakan di SMP Negeri 1 Kota Serang dimulai sejak Senin, 23 s.d. Kamis, 26 April 2018. UNBK merupakan bentuk ujian juga, hanya saja tidak berbasis kertas dan pensil atau dikenal juga dengan UNKP (Ujian Nasional Berbasis Kertas dan Pensil). UNBK merupakan sebuah tantangan bagi sekolah untuk memberikan pelayanan IT yang maksimal berupa komputer.

Di Piwan UNBK dilaksanakan dengan jumlah peserta sebanyak 406 dibagi menjadi 3 sesi pelaksanaan dalam satu harinya, dengan lab komputer sebanyak 4 ruang, dengan masing-masing lab-nya bisa menampung 32 orang siswa + 2 kursi cadangan.

Untuk perangkat PC/Laptop, sekolah hanya memiliki sekitar 32 unit saja. Selebihnya, untuk 3 lab, sekolah meminta bantuan dari para orang tua siswa untuk meminjamkan Laptop mereka selama kegiatan UN berlangsung (4 hari). Diharapkan, tahun-tahun mendatang, sekolah sudah mampu mengadakan laptop untuk kegiatan UNBK ini.

Mata pelajaran yang diujikan terdiri dari Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris dan IPA. Sajian tampilan soal UNBK tentu saja berbeda jauh dibandingkan dengan yang berbasis kertas. Salah satunya adalah pengacakan soal yang tampil di layar. Memang, sejatinya UNBK dibuat untuk mengurangi kecurangan ataupun kebocoran soal ujian seperti seringkali terjadi di tahun-tahun sebelum UNBK. (MP)

Admin piwan
Hi, semuanya. Saya hanyalah seorang guru biasa yang coba membantu sekolah untuk menampilkan informasi, pengetahuan, dan kegiatan-kegiatan yang memang perlu untuk dipublikasikan. Menyukai bidang internet, grafis, video editing, teknologi, serta teknologi pendidikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *