Tuesday, November 12, 2019
Beranda > Berita > UNBK di Piwan

UNBK di Piwan

Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) disebut juga Computer Based Test (CBT) adalah sistem pelaksanaan ujian nasional dengan menggunakan komputer sebagai media ujiannya. Dalam prakteknya, UNBK berbeda dengan sistem ujian nasional berbasis kertas atau Paper Based Test(PBT) yang sudah berjalan tahun-tahun sebelumnya.

Penyelenggaraan UNBK saat ini sebenarnya masih menggunakan sistem semi-online, jadi belum murni online. Semi-online yakni soal dikirim dari server pusat secara online melalui jaringan (sinkronisasi) ke server lokal (sekolah), selanjutnya siswa melakukan ujian yang dilayani oleh server lokal (sekolah) secara offline. Nah, setelah hasil ujian selesai, hasilnya tersebut dikirmkan kembali dari server lokal (sekolah) ke server pusat secara online (upload).

Piwan telah ditunjuk untuk melaksanakan UNBK ini. Rasa syukur yang mendalam, Piwan mampu melaksanakan UNBK secara mandiri. Mandiri artinya sekolah mampu menyediakan persyaratan dan prasarana yang diperlukan untuk menjadi sekolah pelaksana UNBK secara sendiri. Disamping itu, ada juga sistem UNBK yang menginduk atau bergabung dengan sekolah-sekolah yang sudah mapan infrastruktur jaringan internetnya; misalnya UNBK dilaksanakan di SMK di Kota Serang.

Akan tetapi meskipun jumlah PC di Piwan masih kurang, maka pihak sekolah mengadakan sosialisasi kepada orang tua siswa, sekaligus memberikan kesempatan kepada mereka untuk menjadi sukarelawan miminjamkan laptop pada kegiatan UNBK tersebut. Disinilah terjadinya peranan wali-murid/orang tua secara nyata mendukung kegiatan UNBK tersebut. Sehingga, pada akhirnya tidak diperlukan tambahan biaya yang sangat besar misalnya saja untuk pembelian PC sekolah.

UNBK di Piwan dilaksanakan dalam 3 (tiga) sesi pelaksanaan. Memang masih jauh dari sempurna, akan tetapi dengan melaksanakan secara mandiri, kita menjadi tumbuh rasa percaya dirinya serta lebih yakin untuk mampu melaksanakannya di tahun-tahun kedepan. (mp)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *