Capaian Pembelajaran (Fase D)
Menyimak – Berbicara
Memahami alur informasi, gagasan utama, dan detail dari teks lisan. Menggunakan bahasa Inggris untuk mengungkapkan gagasan dan pengalaman secara lisan dengan kalimat sederhana dan majemuk.
Membaca – Memirsa
Memahami alur informasi, informasi tersurat dan tersirat dari berbagai jenis teks tulis atau multimodal dan meresponnya sesuai konteks.
Menulis – Mempresentasikan
Mengomunikasikan gagasan dan pengalaman dalam berbagai jenis teks tertulis atau multimodal, serta mengungkapkan pendapat dan mempertahankan argumen.
Elemen dan Deskripsi
Kemampuan menangkap pesan lisan, mengapresiasi lawan bicara, dan berinteraksi secara spontan, teratur, dan relevan. Kemampuan ini memengaruhi komunikasi lisan murid dalam menyampaikan gagasan, pikiran, serta perasaan.
Kemampuan menangkap pesan dalam berbagai jenis teks (tulis, visual, multimodal), menggunakan dan merefleksikannya sesuai tujuan/fungsi sosialnya untuk berpartisipasi dalam masyarakat.
Kemampuan mengomunikasikan gagasan, pengalaman, dan kreativitas dalam berbagai jenis teks dengan struktur dan unsur kebahasaan yang tepat agar mudah dipahami dan diminati pembaca/pemirsa.
Tujuan Pembelajaran (Fase D)
Berikut adalah daftar tujuan pembelajaran untuk Fase D (Kelas 7, 8, dan 9), yang mencakup berbagai jenis teks dan moda komunikasi.
- Memahami teks deskriptif lisan
- Menggunakan teks deskriptif lisan
- Memproduksi teks deskriptif lisan
- Memahami teks deskriptif tulis
- Menggunakan teks deskriptif tulis
- Memproduksi teks deskriptif tulis
- Memahami teks deskriptif visual
- Menggunakan teks deskriptif visual
- Memproduksi teks deskriptif visual
- Memahami teks recount lisan
- Menggunakan teks recount lisan
- Memproduksi teks recount lisan
- Memahami teks recount tulis
- Menggunakan teks recount tulis
- Memproduksi teks recount tulis
- Memahami teks recount visual
- Menggunakan teks recount visual
- Memproduksi teks recount visual
- Memahami teks prosedur lisan
- Menggunakan teks prosedur lisan
- Memproduksi teks prosedur lisan
- Memahami teks prosedur tulis
- Menggunakan teks prosedur tulis
- Memproduksi teks prosedur tulis
- Memahami teks prosedur visual
- Menggunakan teks prosedur visual
- Memproduksi teks prosedur visual
- Memahami teks naratif lisan
- Menggunakan teks naratif lisan
- Memproduksi teks naratif lisan
- Memahami teks naratif tulis
- Menggunakan teks naratif tulis
- Memproduksi teks naratif tulis
- Memahami teks naratif visual
- Menggunakan teks naratif visual
- Memproduksi teks naratif visual
- Memahami teks report lisan
- Menggunakan teks report lisan
- Memproduksi teks report lisan
- Memahami teks report tulis
- Menggunakan teks report tulis
- Memproduksi teks report tulis
- Memahami teks report visual
- Menggunakan teks report visual
- Memproduksi teks report visual
- Memahami notice tulis
- Menggunakan notice tulis
- Memproduksi notice tulis
- Memahami notice visual
- Menggunakan notice visual
- Memproduksi notice visual
- Memahami short message lisan
- Menggunakan short message lisan
- Memproduksi short message lisan
- Memahami short message tulis
- Menggunakan short message tulis
- Memproduksi short message tulis
- Memahami short message visual
- Menggunakan short message visual
- Memproduksi short message visual
- Memahami advertisement lisan
- Menggunakan advertisement lisan
- Memproduksi advertisement lisan
- Memahami advertisement tulis
- Menggunakan advertisement tulis
- Memproduksi advertisement tulis
- Memahami advertisement visual
- Menggunakan advertisement visual
- Memproduksi advertisement visual
- Memahami poster visual
- Menggunakan poster visual
- Memproduksi poster visual
Alur Tujuan Pembelajaran
Tahun Pelajaran 2025/2026
| No. | Kelas | Tujuan Pembelajaran | Materi | Tema | Penilaian | Dimensi Profil | Jam |
|---|
Materi Pembelajaran Kurikulum Merdeka
Kelas 7
Semester 1
- Introduction
- Descriptive (Orang dan binatang)
- Procedure (Recipe)
Semester 2
- Deskriptif (benda dan tempat)
- Notice
- Procedure (How to make something)
Kelas 8
Semester 1
- Recount (Pengalaman menyenangkan)
- Narrative (Fable)
- Short Message
Semester 2
- Narrative (Folk Tale)
- Recount (Pengalaman menyedihkan)
Kelas 9
Semester 1
- Report text
- Recount text (Pengalaman menyenangkan)
- Narrative text (fairy tale, legend, myth)
Semester 2
- Procedure text (manual)
- Advertisement