Info Sekolah
Tuesday, 30 Apr 2024
  • Selamat Datang di laman resmi SMP Negeri 1 Kota Serang
18 September 2023

Apa itu ChatGPT dan mengapa itu penting? Berikut adalah hal-hal yang perlu Anda ketahui?

Monday, 18 September 2023 Kategori : Tekno

Apa itu ChatGPT?
ChatGPT adalah alat pemrosesan bahasa alami yang didukung oleh teknologi kecerdasan buatan (AI) yang memungkinkan Anda untuk berbicara seperti manusia dan banyak lagi dengan chatbot. Model bahasa ini dapat menjawab pertanyaan dan membantu Anda dalam tugas-tugas seperti menulis email, esai, dan kode.

Saat ini, ChatGPT tersedia untuk digunakan oleh publik secara gratis. Versi berlangganan berbayar yang disebut ChatGPT Plus diluncurkan pada awal Februari.

Siapa yang membuat ChatGPT?
ChatGPT dibuat oleh OpenAI, sebuah perusahaan riset dan AI. Perusahaan ini meluncurkan ChatGPT pada tanggal 30 November 2022. OpenAI juga bertanggung jawab atas penciptaan DALL-E 2, sebuah generator seni AI yang populer, dan Whisper, sistem pengenalan ucapan otomatis.

Bagaimana cara mengakses ChatGPT?
Anda dapat mengakses ChatGPT dengan mengunjungi situs chat.openai.com dan membuat akun OpenAI.

Fitur Khusus
Munculnya AI Generatif

Gelombang baru alat AI telah mengguncang dunia dan memberikan visi baru tentang cara kerja dan cara menemukan informasi yang dapat menyederhanakan pekerjaan dan kehidupan kita. Kami akan menunjukkan cara alat seperti ChatGPT dan perangkat lunak AI generatif lainnya memengaruhi dunia, cara memanfaatkan kekuatan mereka, serta potensi risikonya.

Anda juga masih dapat menggunakan URL lama untuk chatbot, yaitu chat.openai.com/chat. OpenAI menyederhanakan URL asli untuk kenyamanan pengguna.

Setelah Anda masuk, Anda dapat mulai berbicara dengan ChatGPT. Mulailah percakapan Anda dengan mengajukan pertanyaan. Anda dapat mengajukan sebanyak mungkin pertanyaan yang Anda inginkan. Anda juga dapat mengakses ChatGPT melalui aplikasi di iPhone atau perangkat Android Anda.

Apakah ada aplikasi ChatGPT?
Ya, ada aplikasi resmi ChatGPT yang tersedia untuk pengguna iPhone dan Android. Namun, saat mencari di toko aplikasi, pastikan untuk mengunduh aplikasi yang dibuat oleh OpenAI karena ada banyak aplikasi palsu yang meniru di App Store dan Play Store yang tidak berafiliasi dengan ChatGPT.

Apakah ChatGPT tersedia secara gratis?
ChatGPT dapat digunakan secara gratis, tanpa memandang tujuan penggunaannya, termasuk menulis, mengkode, dan banyak lagi. Ada opsi berlangganan yang dapat dimanfaatkan pengguna dengan biaya $20/bulan. Model berlangganan berbayar menjamin pengguna manfaat tambahan, seperti akses umum bahkan saat kapasitas penuh, akses ke GPT-4, waktu respons lebih cepat, dan akses ke internet melalui plugin. Namun, versi gratis masih merupakan pilihan yang kuat karena memiliki sebagian besar kemampuan teknis yang sama, kecuali akses ke versi terbaru dari model bahasa besar (LLM), yang dikenal sebagai GPT-4, dan internet, yang dijamin oleh model berlangganan.

Saya mencoba menggunakan ChatGPT dan disebutkan bahwa kapasitas sudah tercapai. Apa artinya?
Situs web ini beroperasi menggunakan server, dan ketika terlalu banyak orang mengakses server tersebut, server menjadi overload dan tidak dapat memproses permintaan Anda. Coba kunjungi situs tersebut lagi pada saat yang berbeda ketika lebih sedikit orang mencoba mengakses server. Anda juga dapat menjaga tab terbuka dan cukup menyegarkannya secara berkala.

Jika Anda ingin melewati waktu tunggu dan mendapatkan akses yang handal, ada pilihan untuk Anda. ChatGPT Plus memungkinkan pengguna untuk memiliki akses umum bahkan pada saat puncak, mengalami waktu respons lebih cepat, dan memiliki akses prioritas ke fitur dan perbaikan baru, termasuk LLM tercanggih OpenAI, GPT-4.

Anda juga dapat mencoba menggunakan Bing AI chatbot, Bing Chat. Chatbot ini dapat digunakan secara gratis, berjalan dengan GPT-4, tidak memiliki waktu tunggu, dan memiliki akses ke internet.

Untuk apa ChatGPT digunakan?
ChatGPT memiliki banyak fungsi selain menjawab pertanyaan sederhana. ChatGPT dapat menulis esai, menjelaskan seni dengan rinci, membuat promp seni AI, melakukan percakapan filosofis, dan bahkan mengkode untuk Anda.

Penggunaan favorit saya pribadi adalah meminta bantuan chatbot dalam membuat daftar tugas dasar, seperti packing dan belanja kebutuhan sehari-hari, serta daftar tugas yang membuat kehidupan sehari-hari saya lebih produktif. Kemungkinan penggunaannya sangat luas.

Berikut beberapa yang paling populer. Cara menggunakan ChatGPT untuk:

  • Menulis esai
  • Membuat aplikasi
  • Menulis kode
  • Membuat resume Anda
  • Menulis rumus Excel
  • Meringkas konten
  • Menulis surat lamaran
  • Memulai bisnis Etsy
  • Membuat grafik dan tabel

Bagaimana ChatGPT bekerja?
ChatGPT berjalan dengan arsitektur model bahasa yang dibuat oleh OpenAI yang disebut Generative Pre-trained Transformer (GPT). GPT yang digunakan oleh ChatGPT adalah hasil fine-tuning dari model dalam seri GPT-3.5, menurut OpenAI. Namun, dengan berlangganan ChatGPT Plus, Anda dapat mengakses ChatGPT dengan GPT-4, model tercanggih dari OpenAI. Model AI generatif jenis ini dilatih dengan sejumlah besar informasi dari internet, termasuk situs web, buku, artikel berita, dan banyak lagi.

Model bahasa ini ditingkatkan menggunakan pembelajaran terawasi serta pembelajaran penguatan. Penggunaan Pembelajaran Penguatan dari Umpan Balik Manusia (RLHF) adalah yang membuat ChatGPT sangat unik. Melalui RLHF, pelatih AI manusia memberikan model dengan percakapan di mana mereka memainkan kedua peran, pengguna dan asisten AI, menurut OpenAI.

Apakah ChatGPT lebih baik dari Google?
ChatGPT adalah model bahasa yang diciptakan untuk berbicara dengan pengguna akhir. Mesin pencari mengindeks halaman web di internet untuk membantu pengguna menemukan informasi yang mereka cari. Oleh karena itu, salah satu tidak lebih baik daripada yang lain karena mereka cocok untuk tujuan yang berbeda.

Jika Anda mencari informasi terbaru dan akurat, maka mesin pencari adalah pilihan terbaik Anda.
Versi gratis ChatGPT tidak memiliki kemampuan untuk mencari informasi di internet. Ia menggunakan informasi yang dipelajari dari data pelatihan untuk menghasilkan respons, yang meninggalkan ruang untuk kesalahan.

Perbedaan utama lainnya adalah bahwa ChatGPT hanya memiliki akses ke informasi hingga tahun 2021, sedangkan mesin pencari reguler seperti Google memiliki akses ke informasi terbaru. Jadi, jika Anda bertanya kepada versi gratis ChatGPT siapa yang memenangkan Piala Dunia pada tahun 2022, ia tidak akan dapat memberikan respons, tetapi Google akan bisa.

Jika Anda adalah pelanggan ChatGPT Plus, Anda memiliki akses ke integrasi Bing ke dalam ChatGPT, yang memberi chatbot akses ke internet. Karena memiliki kemampuan untuk mengindeks web, perbedaan utama antara ChatGPT Plus dan mesin pencari adalah kemampuan chatbot untuk memahami perintah bahasa alami dan memberikan jawaban dalam bentuk percakapan.

Jika Anda mencari platform yang dapat menjelaskan topik kompleks dengan cara yang mudah dimengerti, maka ChatGPT mungkin menjadi alternatif yang lebih baik.